STANDAR INTERNASIONAL MANAJEMEN PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PERUSAHAAN PT GOJEK



SERVICE STRATEGI
Go-Jek Indonesia adalah suatu jasa transportasi yang ada di Jakarta yang beroperasi sejak tahun 2011. Go-Jek merupakan pionir penyedia jasa layanan ojek profesional. Berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya, Go-Jek tumbuh sebagai startup yang menjanjikan di ibukota. Untuk mengurangi permasalahan penyediaan uang tunai, Go-Jek menawarkan solusi e-wallet Go-Jek Credit. Bisa dibilang Go-Jek laksana Uber versi ojek yang cocok dimanfaatkan untuk mengantarkan barang, sarana transportasi, dan bahkan membantu kegiatan berbelanja di belantara Jakarta.
Dalam hal menarik konsumen, Go-Jek melakukan berbagai macam strategi marketing. Salah satunya dalam menentukan tarif. Kegiatan penentuan harga memainkan peranan penting dalam proses bauran pemasaran. Keputusan penetapan harga sangat penting dalam menentukan seberapa jauh sebuah layanan jasa dinilai oleh konsumen dan proses pembangunan citra. Penentuan harga juga memberikan presepsi tertentu dalam hal kualitas. Dalam hal ini Go-Jek menetapkan tarif yang cukup murah bagi pengguna jasanya sehingga konsumen yang tadinya menggunakan ojek biasa kemudian beralih ke Go-Jek.         
Selain dari strategi penetapan harga, pihak Go-Jek juga memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya strategi dalam promosi jasa. Seperti penetapan media periklanan menggunakan media internet, sosial, brosur, radio, direct selling, event, media partner,  dan juga melalui tradisional marketing seperti publikasi dari mulut ke mulut. Go-Jek sendiripun sudah sangat familiar dikalangan artis sehingga dalam hal ini pihak Go-jek juga memanfaatkan artis sebagai brand ambassador untuk menarik konsumen.
SERVICE DESIGN
Hal-hal yang menyangkut sistematika proses dalam aplikasi Go-Jek, seperti SOP Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP Rekruitmen, dan lain-lain.
Kebutuhan Fungsional:
1.      sistem dapat memberikan informasi lokasi yg tepat sesuai data yang dimasukkan
2.      Proses memberikan informasi kepada driver yang terdekat dari user
3.      proses memberikan informasi biaya
4.      proses login
5.      proses pemberian rating kepada driver
Kebutuhan Non Fungsional:
1.    Operasional
1.    Digunakan pada OS Android di smartphone
2.    Security
1.    dilengkapi pass u/ login ke user acc
3.    Informasi
1.    memberikan info kesalahan login baik pass/usr
Analisa PIECES meliputi Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Services. Berikut penjelasan masing-masing :
Performance
Untuk menjaga performa dari para Driver, Manajemen Go-Jek mengacu pada sistem rating dan review dari user yang telah menggunakan layanan Go-Ride. Serta adanya skema reward dan punishment dari hasil performa yang terangkup.
Information
Dalam mengelola informasi, baik itu menghimpun, mengirim, menjaga informasi. Go-Jek memanfaatkan Cloud Server, sehingga data dapat keluar masuk secara realtime, dengan storage yang besar serta menerapkan enkripsi agar data tidak dapat digunakan selain yang berkepentingan.
Economy
Skema keuangan Go-Jek, yaitu mereka mendapatkan income dari 20% dari tarif order yang dilayani oleh Driver.
Control
Mengontrol tenaga kerja Go-Jek, manajemen menerapkan skema reward dan punishment dari hasil performa yang terangkup. Dan adanya perjanjian diawal, ketika Driver mendaftar, sehingga baik manajemen dan driver punya hak dan kewajiban masing-masing.
Efficiency
Dalam efisiensi kerja, Go-Jek lebih unggul dari ojek konvensional, sebab memanfaatkan kecanggihan teknologi, sehingga order dengan mudah dilakukan dan mudah dikelola.
Services
Go-Jek memiliki 14 pilihan layanan, sehingga user sangat senang dengan berbagai layanan yang didapatkan.

SERVICE TRANSITION
PT. GO-JEK juga turut berkembang sejalan dengan perkembangan dan peradaban teknologi. Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak signifikan terhadap Sistem Informasi Akuntansi atau biasa disingkat (SIA) dalam suatu perusahaan. Peranan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi pada setiap babak berbeda-beda.
Semakin maju teknologi, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi.Dampak yang dirasakan secara nyata oleh PT.GO-JEK INDONESIA adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer dan bermunculannya software-software untuk akuntansi yang dapat mempermudah dalam membuat laporan keuangan.
Peranan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi pada setiap babak berbedabeda. Semakin maju teknologi, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi. Kemajuan ini mempengaruhi perkembangan sistem informasi akuntansi (SIA) pada era modern saat ini. Decision Support System Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.
SERVICE OPERATION
Go-Jek menerapkan strategi sistem informasi marketing melalui tiga tahapan yang disebut customer life cycle, yaitu :
1.      acquire yaitu mendapatkan pelanggan menggunakan teknik direct marketing
2.      enhance yaitu menambah pelanggan menggunakan teknik cross sell and up
3.       retain yaitu mempertahankan pelanggan

CRM berkaitan dengan kegiatan penjualan terpadu, marketing dan strategi pelayanan kepada pelanggan. Aplikasi CRM pada perusahaan  Go-Jekantara lain meliputi kegiatan sebagai berikut:
-          Contact and Account Management (call center)
-          Sales (pemasaran)
-          Marketing and fulfilment
-          Customer Service and Support
-          Retention and Loyalty Program
-          Operation

CONTINUAL SERVICE IMPROVEMENT
Langkah Langkah meningkatkan efisiensi dalam Go-jek
1. memaksimalkan pemanfaatan aplikasi
Sebagai komponen terpenting seingkali dari transportasi, biaya, hingga dari aplikasi online
Oleh karena itu sangat penting diamnfaatkan dengan sebaik-baiknya aplikasinyauntuk
mengelola aplikasi dengan seefesien mungkin termasuk dalam memanfaatkan media
elektronik yang baik akan berdampak besar terhadap seluruh rakyat Indonesia
2. kontrol biaya aplikasi
kontrol biaya aplikasi merupakan komponen yang memerlukan sumber daya yang cukup
besar dalam aplikasi teknologi aplikasi gojek bekerja dengan sangat pesat dari waktu ke
waktu menjadi semakin efisien sehingga anda perlu mempertimbangkan meningkatkan
aplikasi sehingga menjadi lebih efisien.
3. kelola biaya pekerja
Apabila pekerja menggunakan teknologi otomatis atau mesin tentunya anda harus
mengamati jumlah kebutuhan pekerja yang paling efisien dalam membantu para pekerja
jangan sampai terjadi pemborosan energi pekerja yang tidak perlu disuatu proses aplikasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN NOVEL DEAR NATHAN